Monday, August 13, 2007

Goodbye for IDE Hard Drives

Jika Anda masih menggunakan hardisk lama, tentu sudah terbiasa dengan kabel lebar yang berwarna abu-abu untuk memasang hard disk ke motherboard. Kabel konektor IDE (atau dikenal dengan Paralel ATA atau PATA atau biasa disebut ATA) adalah teknologi yang sudah berumur 20 tahun. Dan dengan adanya cerita sukses dari kabel Serial ATA (SATA), maka nasib IDE juga akan berakhir.

Seagate adalah perusahaan hard disk pertama yang mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan produksi hard disk IDE pada akhir 2007. Dan rata-rata pabrik IDE lainnya akan mengikuti jejak Seagate pada tahun 2008-09.

Perlu Anda ketahui juga, dengan adanya teknologi SATA ini komputer lama Anda sudah pasti tidak kompatibel dengan hard disk jenis baru ini. Begitu juga dengan CD/DVD drive yang kebanyakan sudah menggunakan SATA.

Jadi siapkan budget yang cukup untuk melakukan upgrade komputer Anda !

Picture via www.51cto.com

Sumber : The End of the Line for IDE Hard Drives

2 comments:

suhadi said...

Tapi kayaknya standar SATA masih cukup bisa bertahan.mengingat untuk optical drive, masih jarang yang menerapkan standar SATA. Kalaupun ada, harganya masih terlampau tinggi untuk diraih. Disamping itu, pada beberapa kasus, kecepatan IDE masih lebih baik daripada SATA. cmiiw

oh, ya YM-ku suhadi64

Sani said...

Masalahnya komputer2 build-up spt merek HP gitu, kalo versi terakhir PIV-nya sdh tidak ada tempat IDE lagi mas .. FULL Sata semua ..