Monday, August 27, 2007

What's Bluetooth?


Istilah teknologi kadang cukup aneh. Sebagai contoh adalah standar dari teknologi wireless yang dinamakan Bluetooth.

Apakah nama tersebut bisa menjelaskan teknologi itu sendiri? Seperti tidak banyak, namun lebih mudah diingat dan lebih user friendly dari pada 802.151.1 atau nama standard lain didalam IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers)

Apakah Bluetooth itu?
Bluetooth pada dasarnya adalah koneksi wireless antara beberapa device. Bukan wireless seperti yang terdapat pada koneksi Internet WiFi. Merupakan cara yang cepat untuk menghubungkan beberapa device tanpa menggunakan kabel seperti headset pada handphone, komputer yang terhubung dengan printer wireless atau keyboard atau PDA yang melakukan proses synchronise.

Keuntungan
Keuntungannya adalah wireless, dapat terhubung dengan delapan device pada saat yang bersamaan. Dan dengan kecepatan antara 721 kilobits sampai dengan 3 megabits per detik.

Range
Bluetooth mempunyai jarak sekitar 10 meter. Tentu saja tidak ada masalah dengan halangan berupa dinding atau pembatas lainnya.

Kenapa Bluetooth?
Pada tahun 900-an seorang raja Denmark berhasil menyatukan Denmark dan Norwegia. Dan namanya adalah Harald Bluetooth (Harald Blåtand). Dengan dinamakan Bluetooth, diharapkan dapat menyatukan juga dunia komputer dan telekomunikasi.

Seberapa penting Bluetooth?
Tidak semua orang menyukainya. Berbicara melalui headset bluetooth mungkin terlihat seperti orang gila yang sedang berbicara sendirian. Namun tentu saja banyak kemudahan dengan hadirnya teknologi ini.


Sumber :
- What's Bluetooth?
- Bluetooth History

No comments: