Monday, June 11, 2007

Anda mengalami Childhood Amnesia?

Pernah mencoba mengingat masa kecil Anda?

Syukur jika Anda masih bisa mengenangnya. Beberapa dari kita mungkin tidak mampu untuk mengingatnya kembali. Apakah benar kita mengalami amnesia tanpa kita sadari?

Secara umum Childhood Amnesia adalah ketidakmampuan seseorang untuk mengingat kembali kejadian-kejadian tertentu dari awal masa kehidupannya. Biasanya diantara umur tiga atau empat tahun.

Hasil riset ditemukan bahwa rata-rata kemampuan mengingat dimulai dari umur 3,5 tahun. Dan para wanita cenderung lebih mampu mengingatnya dibandingkan dengan kaum pria.

Ada beberapa pemikiran yang berusaha menjelaskan mengapa Childhood Amnesia ini bisa terjadi. Salah satu pendapat yang menimbulkan kontroversi berasal dari bapak psikoanalis, Sigmund Freud.

"The most controversial belonged to psychoanalyst Sigmund Freud who believed childhood amnesia was a response to sexual repression. "

Teori lain mengatakan penyebabnya di karenakan ketidakmampuan kita berbicara sebelum berumur tiga tahun. Ingatan kita disimpan berdasarkan banyaknya kata-kata yang kita pakai setelah tiga tahun. Kemungkinan besar kenangan masa kecil itu masih ada, namun dalam bentuk yang tidak dipahami lagi. Ketidakmampuan otak anak-anak untuk menyimpan ingatan dengan baik juga menjadi salah satu penyebabnya.

Well, apapun hasil riset, survei dan penerlitian yang telah dilakukan selama ini, masih belum ditemukan alasan mengapa amnesia ini bisa terjadi. But .. who will need these childhood memories anyway? :)


Sumber : BBC, Wikipedia, Duke University, APA Online

No comments: