Wednesday, June 13, 2007

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) di China

Artikel ini menjadi menarik perhatian karena berhubungan dengan urusan kecurangan dalam mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Semakin menarik lagi jika praktek ini dilakukan dengan konsep teknologi canggih, karena menggunakan teknologi wireless yang terpasang di dalam sepatu mereka. Walaupun akhirnya para pelaku ini tertangkap oleh pihak yang berwajib, namun praktek seperti ini hanyalah salah satu teknik kecurangan yang telah terungkap.

Di provinsi Liaoning misalnya, pihak yang berwenang perlu menghabiskan banyak dana untuk melengkapi kelas mereka dengan alat detektor logam dan kamera untuk mengawasi para peserta ujian. Alat-alat elektronik seperti handphone, kamus elektronik, walkie talkie, dan kamera kecil menjadi perhatian yang cukup serius dari para pengawas ujian

Sebelum ujian para peserta bahkan ada yang mengikuti diet khusus sebelum ujian, dan minum tonik maupun obat-obatan tertentu yang mungkin bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Di propinsi Sichuan, beberapa peserta ujian mengunjungi rumah sakit terdekat untuk mengikuti sesi pernafasan menggunakan oksigen murni, dengan harapan dapat meningkatkan konsentrasi.


Sumber :

Foto sepatu curang :

- Desperation Drives Design

- news.ccidnet.com


Berita :

Three detained in high-tech China exam cheats

Millions of Chinese students tackle high pressure exams

Stressed Chinese parents "drug children" for exams

No comments: